Ancang-ancang Pemerintah Terangi Daerah Terpencil

Ekonomi

Jakarta – Kementerian ESDM berencana membangun 109 unit PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya) untuk memasok setrum di daerah perbatasan dan terpencil (remote).

“Tahun depan, tugas kita melayani teman-teman yang belum dapat listrik. Salah satunya menyiapkan 109 unit PLTS,” kata Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Rida Mulyana di Jakarta, Jumat (27/11/2015).

Rida berkata, satu unit PLTS yang direncanakan memang berkapasitas kecil. Namun, cukup untuk memberikan setrum kepada 80 kepala keluarga dengan daya 150 watt.

“Kapasitas pembangkitnya (PLTS) memang kecil, total 18,4 MW (mega watt). Biasanya satu unit PLTS itu kapasitasnya 15 kWp,” kata Rida.

Rida bilang, pembangunan PLTS akan diarahkan dari barat, hingga timur Indonesia. Bahkan pihaknya juga meyiapkan satu unit PLTS pada salah satu daerah, di Pulau Jawa yang lokasinya terpencil.

“Semua tersebar dari barat ke timur. Menariknya di Jawa juga kami siapkan, karena memang lokasinya di gunung,” tutur Rida.
Selain menyiapkan PLTS, kata Rida, Kementerian ESDM juga membangun instalasi atau jaringan yang langsung mengalirkan listrik ke rumah-rumah. Dan, pemerintah akan menyiapkan lampu LED secara gratis.

“Ini enggak cuma PLTS, kita juga narik kabel sampai ke rumah. Kita pasangkan juga tiga lampu LED 5 watt,” tutur Rida.

(Sumber:Inilah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top