Dinas Pertanian Bakal Usulkan Anggaran Pengadaan Tanaman Buah di APBD-P

Berita Teraktual - Hotnews - Minahasa

Minahasa, (torangpberita.com) – Untuk tahun anggaran 2017 ini, Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa tidak ada anggaran untuk pengadaan bantuan bibit cengkeh dan kelapa buat para petani di daerah ini. Pasalnya, menurut Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Ir. Suhban Torar, untuk penyaluran bibit cengkeh dan kelapa ditangani Dinas Pertanian Provinsi Sulawesi Utara.

Hal itu-pun telah menimbulkan kekecewaan di kalangan petani. Namun Torar meminta supaya petani tidak berkecil hati. Karena bantuan dari Pemprov Sulut juga tetap sampai kepada para petani. ” selain bantuan dari pemprov kami juga akan mengusulkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) untuk pengadaan bibit tanaman buah-buahan,” ujar Torar pada media belum lama ini.

Lanjut Torar, sasaran utama adalah tanaman durian. Karena durian memiliki dua keuntungan. Saat masih produktif, buahnya dimanfaatkan. Baik untuk dikonsumsi pribadi maupun untuk dijual. Kemudian jika sudah tidak produktif, pohonya bisa diolah menjadi bahan bangunan. “Tapi yang akan kita budidayakan dan akan disalurkan ke petani adalah varietas durian yang benar-benar unggul. Apalagi di Minahasa ada beberapa varietas durian yang baik. seperti durian gajah dan masih ada beberapa lagi,” ujar Torar.

“Untuk bibit cengkeh dan kelapa, karena tidak diprogramkan tahun ini, bisa saja di tahun anggaran 2018, akan ada anggaran untuk pengadaan. Karena pemerintah selalu memperhatikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” terang Torar semeberi menambahkan, untuk tahun ini pada APBD-P tahun ini, akan di usahakan dulu tanamam buah-buahan.

(Jonly bamz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top