Listrik Sering Padam, Gardu di Pasar Bersehati Meledak, Puluhan Kios Nyaris Terbakar

Berita Teraktual - Daerah - Hotnews - Manado

Manado – Gara-gara lampu sering padam, gardu listrik milik PLN yang terletak di pasar Berseharti Kelurahan Calaca, Kecamatan Wenang, Selasa (13/10/2015), pagi sekitar pukul 09.30 Wita, meledak.
Selain mengeluarkan ledakan yang cukup keras akibat arus pendek atau korseling, gardu listrik juga mengeluarkan percikan api. Sejumlah kios di sekitar gardu pun nyaris dilahap si jago merah.
Beruntung api dengan cepatnya dijinakan oleh enam unit mobil pemadama kebakaran (Damkar) milik Pemkot Manado, sebelum merembet ke kios-kios yang ada di sekitar lokasi.
Dari informasi yang dihimpun, ledakan yang keras disertai percikan api itu sempat membuat masyarakat sekitar dan pengunjung pasar Bersehati Manado panik.
“Saya dengar bunyi ledakan seperti tabung gas di dalam gardu. Setelah saya mendekat, saya lihat sudah ada nyala api. Saya bersama warga sekitar langsung mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya sebelum merembet ke kios-kios,” terang Yunus Palapa kepada sejumlah wartawan.
Sedang, beberapa saksi mata lain menyebutkaan, sebelum meledak, gardu listrik tersebut sering mengeluarkan percikan api.
“Seminggu sebelum meledak memang gardu itu sering mengeluarkan percikan api. Bukan hanya gardu di bawah, namun gardu diatas tiang juga saya lihat mengeluarkan percikan api,” terang Syarif pedagang di pasar tersebut.
Tidak ada kerugian dalam peristiwa itu, namun masyarakat sekitar mengaku panik dengan meledaknya gardu listrik milik PLN akibat korsleting.
“Semoga saja PLN bisa segera memperbaiki kerusakan yang timbul ini. Karena kami sangat khawatir. Mengingat dua pekan lalu kebakaran sempat menghanguskan puluhan kios disini. Dan kami tidak mau kejadian itu terulang lagi,” sambungnya.(Jeng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top