Pencanangan Minahasa Menanam Tahun 2017 untuk mempercepat luas tanam komoditi pertanian

Berita Teraktual - Hotnews - Minahasa

Minahasa, (torangpberita.com) – Dalam rangka mempercepat luas tanam tanaman pertanian di Kabupaten Minahasa, Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa, Sabtu (10/07) pagi, menggelar kegiatan Pencanangan Minahasa Menanam tahun 2017, sekaligus menanam secara serentak oleh seluruh Kelompok Tani di Minahasa, berlokasi di perkebunan Desa Koka Kecamatan Tombulu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Minahasa Ir Suhban Frans Torar menjelaskan bahwa, maksud dan tujuan kegiatan pencanangan Minahasa Menanam ini untuk mempercepat luas tanam komoditi pertanian di Minahasa.

“Untuk diketahui, di tahun 2017 ini, Kabupaten Minahasa dialokasikan bantuan untuk kegiatan menanam dari Kementrian Pertanian, untuk tanaman Jagung dengan luas 142.000 hektar, Padi Sawah seluas 12.000 hektar, Kadele 1.000 hektar, Tanaman Hortikultura yakni Bawang Merah dilahan seluas 80.000 hektar dan Cabe 75 hektar. Khusus untuk tanaman Bawang Merah akan di respon Bank Indonesia,” terang Torar.

Komandan Kodim 1302 Minahasa Letkol Inf Nixon Jubert Purnama STh, yang juga diberi kesempatan, dalam sambutannya mengatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan Dinas Pertanian Minahasa akan bersinergi untuk suksesnya program ini bagi petani di Kabupaten Minahasa.

Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas prakarsa Dinas Pertanian Minahasa yang boleh mengadakan program kegiatan ini.

“Saya di Minahasa sejak tahun 1992 menjadi pejabat mulai dari anggota DPRD Minahasa hingga akhirnya menjadi Bupati Minahasa. Saya melihat khusus dunia pertanian, ada banyak orang hanya mengambil keuntungan di bidang pertanian dengan memanfaatkan bantuan-bantuan untuk kepentingan pribadi termasuk Alsintan yang kerap diperjual belikan. Nah hari ini, sudah dikukuhkan Brigade Alsintan yang akan menjadi penangung jawab bantuan alat dan mesin pertanian untuk dipinjam pakaikan kepada petani agar tidak diperjual belikan,” ujar JWS.

Lanjut dikatakannya, Petani Hebat Minahasa (PHM), Brigade Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Minahasa dan Penyuluh Pertanian Swadaya Minahasa, harus menjadi wadah untuk mensejahterahkan petani Minahasa. Mengelolah semua bantuan pertanian dengan maksimal, termasuk pengelolaan alat dan mesin pertanian untuk bisa digunakan seluruh Kelompok Tani di Minahasa.

“Kalau ini berjalan baik maka saya yakin petani Minahasa akan menjadi sejahterah karena petani yang akan menguasai pasar bukan pasar menguasai petani. Nilai jual hasil pertanian akan meningkat dan tentunya berimbas pada kesejahteraan masyarakat petani,” pungkasnya, sembari mengahiri sambutannya dengan mengucapkan terima kasih kepada PHM yang sudah menggelari dirinya Bapak Petani Hebat Minahasa.

Sementara, dalam acara Minahasa Menanam ini pula dilakukan pengukuhan PHM, Brigade Alsintan Minahasa dan Penyuluh Pertanian Swadaya Minahasa, dengan Surat Keputusan Bupati Minahasa, yang dilanjutkan dengan penyerahan Alsintan berupa tracktor roda empat sebanyak dua unit, handtractor sebanyak dua unit, mesin panen dua unit, mesin pompa air sebanyak 30 unit dan satu unit Exavator untuk dikelolah Brigade Alsintan Minahasa bagi petani.

Dalam kegiatan yang dihadiri seluruh Kelompok Tani di Minahasa serja sejumlah jajaran pejabat Pemerintah Kabupaten Minahasa ini juga, PHM kemudian memberikan Gelar Bapak Petani Hebat Minahasa kepada Bupati JWS. Selain itu, acara ini pula dirangkaikan dengan Temu Wicara Bupati Minahasa dan Petani serta Penyuluh Pertanian se-Kabupaten Minahasa.

(Jonly bamz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top