Penyampaian Pagu ADD dan DD, Sualang Ingatkan Penggunaan Anggaran Harus Transparan dan Jangan Ada Penyimpangan

Berita Teraktual - Daerah - Hotnews - Minsel

Penyampaian Pagu ADD dan DD Serta Sosialisasi Pemilihan BPD

Amurang,torangpberita.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Minsel menggelar Pelaksanaan Sosialisasi Juknis tentang pemilihan BPD serta penyampaian Pagu Alokasi Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahun 2018 bersama dengan 167 Desa yang ada di 17 Kecamatan.

Dalam kesempatan itu, Sualang membeberkan untuk tahun ini, pemkab Minsel mendapat jatah anggaran dana desa sebesar Rp 120 miliar dan ADD sebesar Rp54 miliar. Ia menjelaskan tiap desa memiliki jatah yang variatif. Berdadarkan indikator yang sudah diatur dalam regulasi.

“Nah untuk dana desa paling besar itu ada di desa Powulatan mencapai Rp963 juta. Sementara untuk ADD sendiri desa Tambelang. Dengan total Rp 463 juta,” ungkap Sualang.

Untuk penyaluran gelontoran dana segar itu, menurutnya akan dibagi dalam tiga tahapan. Pertama akan dicairkan sebesar 20%. Kedua sebesar 40 % dan tahap ketiga dicairkan sebesar 40% juga.

Kendati begitu, birokrat yang dikenal cerdas dan low profile itu mengatakan ada beberapa syarata yang harus dipenuhi pemerintah desa. Wajib mengikuti sikeudes yang sudah diatur. Artinya desa-desa wajib menginput anggaran dan SPJ tahun 2017 sebelum anggaran 2018 itu disalurkan.

“Terpenting juga yang harus terus diingatkan adalah penggunaan anggaran itu harus secara transparan. Jangan sampai terjadi penyimpangan. Gunakan secara tepat guna dan sasaran,” ingat Sualang.(Jufan Dissa)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to Top